📚OneDayOneSirohJilid2📚📗MATERI 101 - 110📙 💟Rasulullah di Madinah💟

🌴🕋🌴🐪🌴🕋🌴

📚OneDayOneSiroh-II📚

☘️Materi 101 ☘️

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟Rasulullah di Madinah💟

🔥Setelah Perjanjian Hudaibiyah banyak kabilah yang masuk Islam atau mengikat perjanjian dengan Islam. Suasana menjadi tenang. Namun pada bulan Ramadan 8 Hijriyah, setahun setelah perjanjian Hudabiyah terjadi peristiwa yang memercikkan api.


✍️Bani Bakr yang merupakan sekutu kaum Quraisy menyerang Bani Khuza'ah yang dilindungi kaum muslim. Bani khuza'ah terdesak lalu minta perlindungan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Betapa tidak senang Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Itu artinya kaum Quraisy melanggar perjanjian.

🕋Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kemudian bergerak cepat mengumpulkan 10.000 muslim untuk berangkat ke Mekkah. Keberangkatan itu dilakukan secara tiba-tiba agar tidak jatuh banyak korban.

🕋Kedatangan pasukan sebesar itu tidak disadari oleh orang Quraisy. Paman Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam yang bernama Al Abbas mengetahui hal ini. Dia segera menemui Abu Sufyan. Al Abbas mengajak Abu Sufyan bertemu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, sebelum beliau memasuki Mekah. Saat itulah Abu Sufyan masuk Islam. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam memberikan jaminan kepadanya.


----

🏚Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berkata, "Siapa yang masuk ke rumah Abu Sufyan dia aman. Siapa yang menutup pintu rumahnya dia aman. Siapa yang masuk Masjidil Haram dia aman."

🏞 Kemudian, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan Al Abbas untuk mengajak Abu Sufyan ke suatu lembah sempit. Lebih tepatnya di mulut gunung yang menjadi gerbang kota Mekah. Di sana  Al Abbas dan Abu Sufyan menunggu pasukan muslim lewat. Mereka dapat menyaksikan kebesaran pasukan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan panji-panji kabilahnya.

📿 Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berjalan menunduk. Dzikir bergema di hati beliau. Inilah karunia Allah Subhanahu ta'ala. Inilah kemenangan yang dijanjikan oleh Allah Subhanahu ta'ala.

🕋Setelah melihat pasukan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang sangat banyak memasuki gerbang kota Mekah, Abu Sufyan berlari cepat ke tengah kaumnya di Mekah. Dengan suara lantang dan bergetar dia bersuara, "Hai orang-orang Quraisy, Muhammad datang kepada kalian dengan membawa kekuatan yang tidak akan sanggup kalian hadapi. Siapa yang masuk ke rumah Abu Sufyan dia aman. Siapa yang menutup pintu rumahnya dia aman. Siapa yang masuk Masjidil Haram dia aman.."

⚔️Kaum Quraisy segera menyarungkan pedangnya. Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam memasuki Mekah nyaris tanpa perlawanan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan pasukannya agar menghindari pertumpahan darah.

----

🐫Semakin dalam Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menundukkan wajahnya. Dagu beliau hampir menyentuh dada. Sebelum masuk ke area Masjidil Haram Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam turun dari untanya. Beliau berjalan menuju Ka'bah.

🕋Sejumlah 360 berhala yang mengelilingi Ka'bah ditunjuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam dengan tongkat sambil mengucapkan, "Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap sunguh yang batil itu pasti lenyap."  (Qur'an Surat Al Isra ayat 81)

🗿Berhala-berhala itu dijungkalkan hingga hancur kemudian Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam memasuki Ka'bah. Di dalam Ka'bah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menangis  melihat dindingnya penuh digambari malaikat dan nabi. Para sahabat segera diperintahkan menghapusnya. Beliau melemparkan sebuah patung ke tanah.

📖 Setelah  itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bertawaf keliling Baitullah. Para sahabat bertawaf sambil menangis. Setelah itu, Bilal diminta mengumandangkan adzan. Lalu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam berpidato.

🌠Nyaris purna tugas Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Berbondong-bondong orang  masuk ke dalam agama Islam. Setelah 15 hari di Mekah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan para sahabat kembali ke Madinah


----

🗺Setelah Mekah ditaklukan tanpa peperangan, masih ada satu kota yang dihuni oleh orang-orang musyrik. Penduduk kota itu pernah menghina dan melempari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dengan batu. Kota itu adalah Thaif.

🏘Penduduk Thaif terdiri dari dua kabilah yaitu Hawazin dan Tsaqif. Mereka menyiapkan pasukan yang dipimpin oleh Malik bin Auf Al Nashri. Ternyata Malik adalah panglima yg licik dan pengecut. Dia menempatkan anak-anak dan perempuan di barisan terdepan. Tujuannya sebagai benteng hidup.

✉️ Berita ini sampai kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. 19 hari setelah pembebasan Mekah, kira-kira tanggal 5 Syawal beliau berangkat dari Mekah ke Hunain. Pasukan muslim berjumlah 12.000 orang. Mereka terdiri dari 10.000 pasukan penakluk Mekah, ditambah 2.000 pasukan dari Mekah.

🤺Banyaknya jumlah itu membuat mereka congkak. "Hari ini kita tidak mungkin kalah karena jumlah kita banyak," ujar mereka,

----

🏹Pasukan Malik berada di puncak Hunain. Pada penghujung malam yang gelap pasukan muslim menuruni lembah yang sempit. Tebingnya curam dan licin. Menjelang fajar pasukan muslim dihujani ratusan anak panah yang entah datang dari mana. Mereka kocar-kacir.

💰Setelah dikomandoi oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, pasukan kembali untuk bertempur. Akhirnya mereka dapat memukul mundur pasukan Thaif. Pasukan thaif melarikan diri. Sebagian ada yang lari hingga ke Autas. Sebagian lagi lari ke Nakhlah. Mereka lari tanpa membawa harta dan keluarga.

🤺Pasukan muslim mengejar mereka. Akhirnya perang ini dimenangkan pasukan muslim. Banyak prajurit Thaif yang ditawan. Komandan mereka melarikan diri dan bersembunyi di Thaif. Pasukan muslim mendapatkan harta rampasan perang yang melimpah. Harta itu terdiri dari 24.000 unta, 40.000 kambing dan 4.000 uqiyah perak. Sebanyak 6.000 orang menjadi tawanan.

🥀Dari pihak muslimin juga banyak yang gugur.

⚔️ Setelah itu masih tersisa satu lagi kaum yang memerangi Islam. Mereka tidak berhenti meneror, melakukan tipu daya dan permusuhan terhadap kaum muslimin. Kaum ini adalah kaum Yahudi.

🌾 Diam-diam mereka bersekutu dengan kabilah. Mereka mengiming-imingi  imbalan setengah hasil pertanian. Informasi ini berhasil diketahui oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

----

🏘Berangkatlah beliau ke perkampungan mereka di Khaibar. Khaibar adalah tempat di luar Madinah. Khaibar dikelilingi benteng-benteng besar dan kukuh.

🤺Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam berangkat bersama 1.400 prajurit. Mereka tiba pada malam hari dan langsung mengepung Khaibar. Para petani yang hendak berangkat ke kebun terkejut oleh kedatangan pasukan muslim. Mereka segera berlarian ke dalam benteng.

🍄Benteng Al Wathih dan As Sulalimu adalah tempat perlindungan keluarga dan harta. Benteng Naim untuk menyimpan begal dan senjata. Benteng pertahanan prajurit berada di Nathah. Kaum  muslim memusatkan serangan ke benteng Naim. Benteng  itu berhasil ditaklukan pada hari ketiga.

📜Runtuh pula benteng Al Qamush, Shab bin Muadz, dan Qalah Az Zabir. Benteng Al Wathih dan Sulaimpun dikepung.
Akhirnya Yahudi Khaibar mengajukan perjanjian damai. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menerima perjanjian damai dengan syarat mereka menyerahkan setengah hasil panen.

🛡Setelah  itu disusul penaklukan Yahudi Fadak, Wadi Alqura dan Taima. Islam memperlakukan orang-orang Yahudi dengan baik, mereka dibiarkan bekerja dan beribadah dengan tenang.

🌠Hampir seluruh penduduk Jazirah Arab telah memeluk Islam. Kemana lagi Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam akan memperluas pengaruh dakwahnya?

----

🗓 Pada bulan Zulkaidah tahun 10 Hijriyah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memimpin kaum muslim untuk beribadah haji. Beliau ingin menunjukkan cara berhaji yang benar jauh dari praktek sirik. Hari sabtu, 25 Zulkaidah rombongan berangkat dari Madinah.

🏞Saat ribuan umat islam berkumpul di Arafah, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam berkhutbah. Rabi'ah bin  Umayyah yang bersuara keras diminta untuk mengulang setiap kalimat yang diucapkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Tujuannya agar ucapan yang disampaikan Rasulullah shallallahu  wasallam dapat didengar oleh semua yang berkumpul di Arafah.

💦 Suara Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam begitu jernih. Beliau tersenyum, dipandanginya seluruh umat Islam yang berkumpul. Nasehat panjang berisi pesan-pesan kebajikan disampaikan oleh beliau.

----

Khutbah Rasulullah:

💦"Selanjutnya, wahai seluruh manusia, dengarkanlah! Aku akan menjelaskan kepada kalian. Aku tidak tahu, boleh jadi aku tidak akan bertemu lagi dengan saudara-saudara sesudah tahun yang kualami ini, di tempat ini, untuk selamanya," ujar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam membuka khotbahnya.

✉️Khutbah perpisahan yang sangat panjang itu mengandung banyak pesan kebaikan. Umat Islam diperintahkan untuk menjaga kehormatan kaum muslim, menjalankan ajaran agama dengan sempurna, menunaikan amanah, tidak saling membalas dendam, dan mewaspadai godaan setan. Umat Islam diperintahkan untuk menjaga bulan haram, menunaikan hak perempuan dan menjaga persaudaraan sesama muslim.

🥀Para sahabat terpesona. Sementara itu seorang sahabat terguncang hatinya. Dia merasa inilah salam perpisahan dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

----

🤝🏻"Wahai seluruh manusia dengarkanlah pesanku dan pikirkanlah. Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, tidak halal bagi seorang harta saudaranya kecuali atas dasar kerelaan hati pemiliknya. Jadi janganlah menganiaya diri kalian sendiri. Apakah aku telah menyampaikannya?"  tanya beliau.

📗"Benar  engkau telah menyampaikan," jawab para sahabat bergemuruh.

📔"Jika demikian, saksikanlah, Ya Allah!" ujar beliau menutup pidato.

📕 Seorang sahabat yang bergetar hatinya itu tidak sanggup lagi menahan tangis. Firasatnya semakin kuat, hatinya merasa inilah khotbah terakhir Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Nama sahabat itu adalah Umar bin Al Khattab.

🕋 Ketika melontar jumrah aqabah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kembali berpesan, "Teladanilah diriku, manasik yang aku ajarkan kepada kalian. Kalau kalau aku tidak lagi melaksanakan haji sesudah tahun ini."

📘 Betapa itulah kalimat perpisahan yang sangat mengiris hati para sahabat. Mereka saat itu belum menyadari, apakah saat itu akan betul-betul tiba?

----

📓 Semua yang hidup pasti akan mati. Begitu juga dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Tanda-tanda itu telah ada terutama saat haji Wada. Beberapa kali Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengucapkan kalimat yang menyiratkan perpisahan.

🌠Pada saat itu, turun firman Allah Subhanahu wa ta'ala, "... pada hari ini telah aku sempurnakan untukmu agamamu, dan aku cukupkan nikmatku bagimu, dan telah aku ridhoi Islam sebagai agamamu. Tetapi barangsiapa dia terpaksa karena dalam kelaparan bukan karena sengaja ingin berbuat dosa maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun Maha Penyayang. (Al Qur'an surat Al Maidah ayat 3).

🌈"Agama kita telah sempurna! Agama kita telah sempurna!" teriak girang para sahabat.

📓Namun mendengar itu, Umar bin Al Khattab meneteskan air mata.

📗"Wahai Umar, apakah yang membuatmu menangis? tampaknya menyedihkan sekali. Seharusnya engkau gembira karena agama kita telah sempurna."

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... In syaa Allah

✍️ Editor : Ustadzah Ratna

📓MATERI 110 📗

☘️☘️☘️☘️☘️☘️☘️