📚OneDayOneSirohJilid2📚📗MATERI 111- 120📙 💟Rasulullah di Madinah💟

🌴🌴🕋🌴🕋🌴🌴

📚OneDayOneSiroh-II📚

💧Materi 111💧

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟Rasulullah di Madinah💟

🥀"Wahai sahabatku," ujar Umar masih terisak, "Kamu semua tidak tahu musibah yang akan menimpamu. Tidakkah kamu tahu, jika suatu perkara telah sempurna maka akan terlihat kekurangannya. Turunnya ayat itu menunjukkan perpisahan kita dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam."

📓Mendengar penjelasan Umar, sahabat lainnya tersadar. Mereka pun diliputi rasa sedih yang tiada tara. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang selama ini menjadi panutan mereka akan pergi untuk selamanya.

🕋Dalam berbagai kesempatan, tanda-tanda perpisahan itu semakin tampak pada peristiwa Haji Wada. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berulang kali menyatakannya. "Sesungguhnya aku tidak mengetahui secara pasti, boleh jadi aku tidak akan bertemu lagi dengan kalian setelah tahun ini, di tempat ini, selamanya," ungkap Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

🕋"Ambillah teladan dariku untuk manasik haji kalian. Boleh jadi aku tidak dapat melakukan haji lagi setelah tahun ini," tambah beliau ketika melempar jumrah aqabah.


----

🌎 Ungkapan-ungkapan itu semakin memperjelas bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak lama lagi akan pergi untuk selamanya. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan segera meninggalkan semua urusannya di dunia. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akan segera menghadap kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

🌔 Para sahabat merasa sedih, tanda-tanda perpisahan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam semakin jelas, apa yang akan mereka lakukan sepeninggal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam nanti?Apakah mereka sanggup hidup dengan benar sepeninggal Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam?

🕌 Selain ungkapan- ungkapan itu, tanda-tanda perpisahan lainnya tampak pada perbuatan beliau. Pada bulan Ramadhan tahun 10 Hijriyah, Rasulullah  Shallallahu Alaihi Wasallam melakukan iktikaf selama 20 hari. Pada tahun-tahun sebelumnya, beliau beriktikaf selama 10 hari. Pada tahun itu pula Malaikat Jibril datang sebanyak 2 kali kepada beliau. Kedatangannya ini khusus untuk mengajarkan Al-Qur'an secara utuh kepada beliau.

🌠Pada saat itu Islam telah berkembang. Jazirah Arab sebagian besar sudah dikuasai oleh Islam. Orang-orang datang berbondong-bondong ke Madinah. Mereka berebut ingin segera menyatakan masuk Islam. Mereka ingin menjadi bagian dari agama Allah yang disebarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Apa saja pesan-pesan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pada saat saat terakhir kehidupannya?

----

✉️Sebelum sakit pada awal bulan Safar 11 Hijriyah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berziarah ke Uhud. Beliau shalat jenazah dengan khusyuk. Setelah itu beliau berdiri di mimbar dan berkata kepada sahabat yang hadir. "Sesungguhnya aku akan mendahului kalian. Aku akan menjadi saksi atas kalian. Demi Allah sungguh aku melihat Telagaku. Sesungguhnya aku telah diberi kunci-kunci perbendaharaan dunia. Demi Allah aku tidak khawatir kalian akan menjadi musyrik sepeninggalku. Namun aku khawatir kalian akan berlomba-lomba memperebutkan dunia."

🍃Para sahabat terdiam. Dada mereka diserang rasa haru dan sedih. Tanda itu semakin jelas.

🌌Suatu saat menjelang tengah malam, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menemui Muwaihibah mantan budak beliau.

🌖"Abu Muwaihibah, aku diperintahkan untuk memintakan ampunan bagi para penghuni kuburan Baqi, ikutlah bersamaku," ujar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

🎑Mereka berdua pergi pada malam yang sunyi. Kuburan Baqi begitu gelap. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berdiri di tengah-tengah pemakaman.

----

🤲🏻Setelah itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kembali menghadapkan wajah ke arah makam. Beliau berdoa dengan khusyuk memohon ampunan untuk penghuni kuburan Baqi.

🍁Sepulang dari Baqi itulah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sakit. Kepala beliau terasa nyeri hingga urat nadi di pelipisnya bertonjolan. Suhu tubuhnya terus meninggi. Sakit itu bertambah parah setiap hari. Beberapa kali, beliau pingsan karena tidak kuat menahan sakit.

🗓Beliau sakit selama 13 atau 14 hari. Selama sakit beliau tetap mengimami sholat.

🏘Selama sakit Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tinggal di rumah Aisyah. Selama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sakit, Aisyah selalu membacakan doa-doa yang dihafalnya dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

🗝 Sungguh Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah memberikan kunci-kunci dunia. Wilayah kekuasaan membentang di seluruh Jazirah Arab. Kekayaan itu mulai mengalir ke tangan kaum muslim. Kedudukan Mulia telah tersedia di sisi Allah dan manusia. Namun Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memilih menghadap Allah Subhanahu Wata A'la dan surgaNya.

📔Sebelumnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga pernah sakit parah. Apa yang menyebabkan beliau sakit saat itu?

----

📓Beberapa tahun sebelumnya Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam pernah sakit keras selama 40 hari. Beliau sampai tidak sanggup bangkit dari pembaringan. Para sahabat berusaha mengobati, namun mereka tidak berhasil.

🛡Peristiwa itu terjadi setelah perang Khaibar. Beberapa Pemimpin kaum Yahudi mendatangi Labib bin A'sham dari bani Zuraik. Dia adalah seorang penyihir.

✂️Seorang pelayan Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang beragama Yahudi berkhianat. Dia menyerahkan sisir yang sering dipakai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dari sisir inilah Labid mendapatkan beberapa helai rambut Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

📦Dibuatlah patung kecil dari lilin, ditikam dengan 11 jarum, patung diikat dengan 11 simpul. Patung itu kemudian dimasukkan ke dalam kotak. Lalu patung itu ditenggelamkan ke dalam sumur.

🌌Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam terus berdoa memohon kesembuhan dari Allah Subhanahu wa ta'ala. Suatu hari datanglah dua malaikat mengunjungi beliau. Seorang malaikat duduk di dekat kaki beliau, seorang lagi duduk di dekat kepala.


----

"Mengapa dia?" tanya malaikat yang duduk dekat kaki.

"Ia terkena sihir," jawab malaikat yang duduk di dekat kepala.

"Siapa yang menyihirnya?"

 "Labid bin Affan seseorang yang beragama Yahudi."

"Dengan apa?"

"Dengan rontokan rambut dan mayang kurma jantan,"

"Dimana  diletakkan benda sihir itu?"

📦"Di sumur Dzu Arwan, milik Fulan di bawah batu. Hendaklah Muhammad pergi ke sumur itu untuk mengeringkan airnya. Setelah itu, ambillah kotak yang ada di bawah batu  lalu bakarlah."

🌷Kedua malaikat kemudian mengajarkan dua buah surat yaitu surat Al-Falaq dan surat An-Nas keduanya dibaca untuk menyembuhkan pengaruh sihir.
----

💧Keesokan harinya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam meminta Amr bin Yasir dan beberapa sahabat pergi ke sumur itu. Air sumurnya terlihat merah kecoklatan.

💦Sumur itu segera mereka keringkan. Ketika sudah terlihat batu, batu itu diangkat. Dibawahnya terdapat sebuah kotak. Kemudian  mereka bawa kotak tersebut kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Setiap kali Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam membaca surat Al Falaq dan Annas simpul pengaruh sihir itu dapat dihilangkan.

📘Menjelang akhir masa hidupnya, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kembali mengalami sakit parah. Namun beliau tetap mengimami shalat. Ketika sakit Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam semakin parah, seorang sahabat ditunjuk untuk menggantikan beliau menjadi imam. Siapakah dia?

--------------------------------
🔆Abu Hurairah radhiallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, "Jauhilah 7 perkara yang membawa kehancuran. Para sahabat bertanya, "Apakah ke-7 perkara itu ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu syirik kepada Allah, sihir, memakan riba, memakan harta anak yatim,  membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan, lari dari peperangan, dan menuduh zina terhadap perempuan yang terjaga dirinya dari perbuatan dosa. (Hadits Riwayat Bukhari Muslim)

----

🕌Senin subuh di Masjid terdengar suara merdu Bilal. Adzan Subuh berkumandang. Usai adzan Bilal mendatangi rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. "Assalamualaikum, ya Rasulullah." Pintu diketuk dengan lembut.

🏚Terdengar suara perempuan menjawab dari dalam rumah. "Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam masih sibuk dengan urusan beliau," ujar Fatimah putri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

🕌Bilal termenung, dia tidak paham makna kalimat Fatimah. Lalu dia beranjak ke masjid. Menjelang habis waktu subuh, Bilal bergegas pergi ke rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam lagi.

🏚"Assalamualaikum, ya Rasulullah." Kali ini Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sendiri yang menjawab, "Masuklah wahai Bilal," ujar beliau lemah.
"Sesungguhnya sakitku ini semakin berat. Suruhlah Abu Bakar mengimami salat subuh berjamaah."

🕌Mata Bilal berkaca-kaca, ia segera berjalan ke masjid. Bilal menyampaikan permintaan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada Abu Bakar. Abu Bakar tercekat, air matanya bercucuran. Dilihatnya mimbar yang kosong. Dia tidak kuasa menahan tangis. Sahabat yang hadir ikut menangis, suara tangisan itu terdengar oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Rumah beliau berada di sebelah masjid.

----

"Fatimah, apa yang terjadi?" tanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam cemas.

"Itu kaum muslim sedih sebab engkau tidak dapat pergi ke masjid," jawab Fatimah sedih.

🌄 Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berusaha bangun. Ali dan Fadhil bin Abbas dipanggil. Dengan kepala diikat, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam dipapah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memaksakan diri pergi ke masjid. Lalu Beliau mengimami shalat subuh pagi itu.

🌅 Sakit Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bertambah parah.  Namun beliau tetap berusaha menjadi imam shalat. Hari Kamis Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengimami shalat maghrib. Beliau membaca surat Al-Mursalat.

🌌Tiba waktu Isya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam tidak kuat lagi untuk bangkit.

"Apakah orang-orang sudah shalat," tanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada Aisyah.

"Belum, Ya Rasulullah mereka menunggumu," jawab Aisyah pilu.

"Letakkan air untuk mandi," ujar beliau  lemah.

🕌 Setelah mandi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, berusaha berjalan ke masjid. Namun beliau malah pingsan. Saat sadar beliau kembali bertanya, "Apakah orang-orang sudah shalat?"

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... In syaa Allah

✍️ Editor : Ustadzah Ratna

💦 MATERI 120 💦

🌄🌅🌌🌌🌌🌅🌄