📚OneDayOneSirohJilid2📚📗MATERI 091 - 100📙 💟Rasulullah di Madinah💟

🌴🌴🕋🌴🕋🌴🌴

📚OneDayOneSiroh-II📚

🏞 Materi 091 🏞

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟Rasulullah di Madinah💟

🏡Perempuan dan anak-anak dikumpulkan di sebuah rumah di perbukitan. Mereka dijaga dengan ketat. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mempertahankan Madinah bersama 3.000 orang pasukan.


⚔️Bulan Dzulkaidah tahun 5 Hijriah, kedua pasukan berhadapan. Pasukan Ahzab berjumlah 10.000 orang. Madinah dikepung, mereka terkejut mendapati parit yang membentang.

💡"Ini bukan ide orang Arab," teriak mereka marah. Mereka tidak siap menghadapi strategi ini.

⚔️Di tengah pertempuran sengit, Yahudi bani Quraizhah berkhianat, mereka ikut bergabung dengan pasukan sekutu. Kondisi kaum muslim semakin terjepit.

🔆Penduduk dicekam ketakutan dan kelaparan. Di tengah kondisi inilah Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan pertolongan.

🌌Pada suatu malam yang dingin dan mencekam Allah Subhanahu Wa Ta'ala mengirimkan angin kencang yang memporak-porandakan kemah musuh. Pasukan mereka lari meninggalkan Madinah malam itu juga.

♦️Setelah perang berlalu, apa yang dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan kaum muslimin?

----

 🕋Enam tahun sudah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan sahabat Muhajirin hidup di negeri orang. Rindu kepada kerabat dan kampung halaman yang ditinggalkan kadang terasa. Apalagi rindu untuk sholat dan berdoa di Ka'bah.

🗓Bulan Zulkaidah tahun 6 Hijriyah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memutuskan untuk pergi berhaji ke Mekah. Para sahabat menyambut ajakan ini dengan gemuruh Takbir "Allahu akbar! Allahu akbar!"

🕋Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam meminta para sahabat untuk memakai pakaian ihram dan menuntun hewan kurban. Maksudnya agar penduduk Mekah tidak berpikir mereka datang untuk menyerang. Beliau juga mengajak orang Arab Badui yang belum masuk Islam untuk pergi bersama.

🐪Akhirnya berangkatlah 1.400 orang dari Madinah. Sayangnya ketika tiba di Usfan, 80 km dari Mekah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mendapat kabar bahwa orang Quraisy sudah siap berperang.

----

🕋"Oh kasihan Quraisy," Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sedih, "Mereka telah porak-poranda karena perang. Apa salahnya mereka biarkan aku dan orang-orang Arab lainnya masuk Mekah?"

🐫Agar terhindar dari perang, beliau memutuskan untuk menempuh jalan memutar. Medan berat yang berliku, sempit, turun naik, dan dipenuhi batu yang tajam harus dilalui. Ketika tiba di Hudaybiyah unta Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menderum. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mendapatkan firasat buruk.

🏞Di Hudaibiyah rombongan itu terhenti, mereka berhenti ditengah lembah tanpa mata air. Disana hanya tersisa bekas sumur-sumur yang telah kering. Di tempat itu beberapa utusan kaum Quraisy datang.

🔥Mereka mencoba membujuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam agar kembali ke Madinah,  "Wahai Muhammad janganlah engkau memercikkan api peperangan. Kembalilah engkau ke Madinah!"


----

🕋Suhail bin Amru pun datang dengan menawarkan perjanjian. Kaum muslimin diminta menunda pelaksanaan ibadah haji. Perjanjian itu disebut perjanjian hudaibiyah yang isinya mengenai kesepakatan gencatan senjata selama 10 tahun.

📜Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menyetujui perjanjian itu. Padahal isinya merugikan kaum muslim, para sahabat, termasuk Umar bin al-khattab kurang setuju dengan isi perjanjian itu.

🌌Namun Allah Subhanahu Wa Ta'ala memiliki jalan keluar terbaik untuk hamba-Nya. Dalam perjalanan pulang ke Madinah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menerima wahyu. Surat yang diturunkan Allah Subhanahu ta'ala adalah surat al-fath ayat 1 sampai 26. Isi surat itu menyiratkan kemenangan nyata yang akan diperoleh kaum muslimin. Kemenangan kaum muslimin yang mulai tampak sedikit demi sedikit.

🌌"Sungguh kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata agar Allah memberikan ampunan kepadamu Muhammad atas dosamu yang lalu dan akan datang serta menyempurnakan nikmatnya atasmu dan menyanjungimu ke jalan yang lurus" Quran surat al-fath ayat 1 sampai 2.

❓Apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam selanjutnya?

----

✉️Pada Penghujung tahun 6 Hijriyah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengirimkan surat ajakan masuk Islam kepada para raja. Beliau membuat sebuah stempel dari perak bertuliskan Muhammad Rasulullah. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengutus Amr bin Umayyah Adh Dhamri kepada  Najasyi. Najasyi adalah raja Habasyah. Setelah membaca surat itu, Najasyi bersyahadat di hadapan Ja'far bin Abi Tholib.

🎁Ali Bin Abi Balta'ah diutus kepada pembesar Qibhty di Alexandria. Namanya Muqauqis. Dia tidak masuk Islam, tetapi menghormati utusan. Dia mengirimkan 2 orang bangsawan perempuan dan kain sebagai hadiah untuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

✉️Abdullah bin Hudzafah Ash Sahmi diutus kepada Raja Persia di Madain, Irak. Raja Persia dinamai Kisra. Kisra yang memimpin saat itu marah dan menyobek surat tersebut. Dia menghina Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

----

👑Dihyah bin Khalifa diutus kepada Heraklius. Dia adalah Kaisar Romawi di Elia, Palestina. Heraklius tidak mau masuk Islam karena takut kehilangan kedudukannya.

⚜️Al Ala bin Al Hadrami diutus kepada Al Mundzir bin Sawa. Dia adalah Raja Bahrain di Hajir. Al-Mundzir membacakan surat itu di depan penduduknya. Lalu dia membalas surat itu dan menyatakan masuk islam. Dia juga menanyakan tindakan Islam kepada pemeluk Yahudi dan Majusi di negaranya.

🎁Khalid bin Ali Al Amiry diutus kepada Haudzah bin Ali Amir Yamamah di Nejed. Dia memberi Khalid banyak hadiah dan membalas surat Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam. Haudzah bersedia masuk Islam jika Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memberikan kekuasaan kepadanya. Akan tetapi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak menurutinya.

----

📝Syuja' bin Wahb diutus kepada pemimpin Damaskus namanya Al Haris bin Abu Syamr. Dia menolak masuk Islam dan mengancam akan menyerang Madinah.

👑Amru bin Ash diutus kepada Jaifar dan Abdullah bin Al Julunda. Mereka adalah raja Oman. Keduanya masuk Islam.

✉️Al Haris bin Umar Al Azdi diutus untuk menyampaikan surat kepada pemimpin Busra untuk diteruskan kepada Qaishar. Namun di tengah jalan dia dicegat oleh Syurahbil bin Amr. Syurahbil bin Amr adalah Gubernur Balqa, Syam.   Balqa adalah salah satu wilayah kekuasaan Romawi.

⚔️Al Haris bin Umar Al Azdi diserang hingga wafat. Apa yang akan dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam akibat penyerangan itu?

----

⚔️Membunuh utusan adalah perbuatan kejam. Itu sama dengan pernyataan perang. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun memutuskan untuk melakukan perang Mu'tah pada Jumadil Awal tahun 8 Hijriyah. Mut'ah terletak di Yordania di timur Sungai Yordan dan Al Karak. Tempat ini dipilih pasukan muslim karena memiliki banyak tempat untuk berlindung.

🗾Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengantar pasukan hingga perbatasan. Perang diikuti 3.000 orang pasukan dipimpin Zaid bin Haritsah. Panglima perang cadangan adalah Ja'far bin Abi Tholib dan Abdullah bin Rawahah. Ketiga  panglima ini akhirnya syahid.

⚔️Pasukan Romawi dan Arab Badui berjumlah 200.000 orang mereka dipimpin langsung oleh Heraklius. Mengetahui jumlah sebesar itu, pasukan muslim sempat ingin mundur. Namun akhirnya diputuskan untuk maju terus.

⚔️Setelah 3 Panglima gugur, pasukan dipimpin oleh Khalid bin Walid. Dia menarik pasukan mundur untuk menyusun ulang siasat perang.

----

🏆Perang dimenangkan oleh kaum muslim. Kemenangan kaum Muslim tidak diduga-duga. Kabilah Arab kagum dengan keberanian kaum muslim. Berbondong-bondong mereka memutuskan masuk Islam.

🐴Lalu pada bulan Rajab 9 Hijriyah kembali terjadi perang. Pasukan muslim berangkat menuju Tabuk. Sebanyak 30.000 orang dipimpin Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Mereka dilengkapi 10.000 kuda perang. Yang dihadapi kali ini adalah kerajaan Byzantium. Mereka harus menempuh jarak sekitar 700 KM di tengah cuaca kemarau tanpa bekal cukup.

🗺Tabuk berada di utara Jazirah Arab. Tempat itu berbatasan dengan Mesir dan Syam. Sampai di Tabuk tidak ditemui seorangpun pasukan Byzantium. Rupanya mereka telah menarik mundur pasukan. Mereka tidak berani menghadapi kekuatan besar kaum muslim.

⛺️Perjalanan jauh sudah ditempuh, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memutuskan untuk mengistirahatkan pasukan di Tabuk. Dari Tabuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengirim surat kepada penguasa penguasa terdekat.

----

📜Mereka juga membuat perjanjian. Penguasa Ailah, penguasa Dumah, penguasa Tabuk dan penguasa Taima menyetujui perjanjian damai. Mereka bersedia membayar jizyah setiap tahun.

🐫Khalid bin Walid dan 420 pasukan kavaleri diperintahkan menuju ke  Dumatul Jandal. Mereka berhasil mengalahkan pemimpin setempat. Gerbang Dumatul Jandal pun dibuka. Kemudian Ukaidir, pemimpin Dumatul Jandal dapat ditangkap oleh Khalid bin Walid. Atas penangkapan itu, Ukaidir meminta dibebaskan. Ukaidir siap membayar tebusan atas pembebasan. Saat itu pasukan muslim mendapatkan tebusan dari Ukaidir berupa 2.000 ekor unta, 200 ekor kambing, 400 muatan gandum, dan 400 pakaian besi.

⛺️Setelah sekitar 20 hari berkemah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memutuskan kembali ke Madinah. Kondisi aman di Tabuk dan sekitarnya berhasil diciptakan.

🛡Inilah peperangan besar terakhir yang dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Apakah langkah selanjutnya?

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... In syaa Allah

✍️ Editor : Ustadzah Ratna

⛺️ MATERI 100 ⛺️

🌴🌴⛺️🌴⛺️🌴🌴