📚OneDayOneSirohJilid2📚📗MATERI 073 - 80📙 💟Rasulullah di Madinah💟

🌴🌴🏞🏞🏞🌴🌴

📚OneDayOneSiroh-II📚

🏞 Materi 073 🏞

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمد

💟Rasulullah di Madinah💟

🏘Kota Yatsrib terletak lebih dari 400 KM sebelah utara Mekah.  Yastrib dipilih untuk tujuan hijrah kaum muslim sebab banyak penduduknya yang telah masuk Islam. Dakwah Mushab bin Umair dan para tokoh yang telah berjanji di Aqobah berhasil dengan gemilang.

🏞 Kota Yatsrib adalah dataran yang subur. Lembah-lembahnya memiliki mata air. Kota ini dibentengi pegunungan kukuh. Disana terdapat banyak perkebunan kurma. Disana menetap orang-orang Arab yang pindah dari Yaman setelah bendungan Ma'rib jebol. Dua suku terbesarnya adalah suku Aus dan suku Khazraj. Disana juga terdapat beberapa kabilah Yahudi. Orang Yahudi banyak memperkenalkan teknologi perkebunan, terutama bani Nadhir dan Quraizah.

🏞 Suku Aus tinggal di dataran tinggi, tepatnya di bagian Selatan dan timur. Sementara itu suku Khazraj tinggal di pusat kota dan di dataran rendah di sebelah utara Yatsrib.

🏹 Sebelum Islam datang, suku Aus dan suku Khazraj sering berperang. Peperangan pecah karena adu domba orang Yahudi. Selama 6 dekade telah terjadi beberapa kali peperangan. Peperangan terakhir adalah perang Bu'ats yang terjadi sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam datang.

----
 🌠Akhirnya tokoh kedua suku menyadari kerugian akibat berperang. Mereka berusaha melakukan perdamaian dan mencari orang yang sanggup menyatukan mereka. Lalu mereka mengenal Islam.

🕌Kaum Muslim di Yatsrib disebut sebagai kaum Anshar. Pendatang dari Mekah disebut kaum Muhajirin. Untuk menyatukan kaum muslim yang beragam, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera melakukan berbagai hal. Yang pertama adalah mendirikan Masjid Nabawi sebagai pusat segala aktivitas. Di masjid inilah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam membina para sahabat menjadi generasi terbaik.

🏘Selanjutnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengumpulkan para sahabat di rumah Anas bin Malik. 90 orang sahabat Muhajirin dan Anshar bertemu. Rasulullah Shallallahu Alaihi wasalam mempererat hubungan silaturahim di antara mereka. Kaum Anshar dan Muhajirin menjadi saudara. Prinsip persaudaraan ini adalah tolong-menolong, hingga memberikan hak waris. Ketentuan hak waris ini berlaku hingga Perang Badar. Lalu Allah Subhanahu Wa Ta'ala menghapusnya dengan menurunkan surat Al Anfal ayat tujuh.

----

 🌾 Setiap panen, kaum Anshar memberikan setengah hasilnya kepada kaum Muhajirin. Bahkan kaum Anshar melebihkan takaran untuk kaum Muhajirin. Kaum Anshar rela menyerahkan barang-barang berharga yang mereka milik, namun kaum Muhajirin tidak mau menerima apapun tanpa bekerja. Mereka selalu membantu berkebun dan berdagang.

📜 Selain mempersaudarakan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga mengadakan perjanjian. Tujuannya untuk menyingkirkan semua dendam antar kabilah. Salah satu isi perjanjian itu adalah aturan untuk saling menolong, menolak kejahatan, dan kerusakan. Apabila ada perbedaan pendapat diantara mereka, harus dikembalikan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

📃 Persaudaraan dan perjanjian ini mengikat seluruh kaum muslim ini menjadi satu. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga sering berwasiat untuk mengerjakan kebaikan, banyak bersedekah,dan menjaga ukhuwah.

🌠 Yatsrib makin maju dan kuat setelah kedatangan Rasulullah Shallallahu Allaihi Wasallam. Orang-orang yang tidak suka Islam makin geram.  Siapa saja yang tidak suka jika Islam akan berkembang dan apa yang mereka lakukan untuk menghalangi dakwah Islam?

----

🌇 Kota Yatsrib kini bernama Madinatul Munawaroh artinya kota yang mendapat cahaya. Kota ini juga biasa disebut Madinah.  Kehidupan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dan para sahabat di kota ini masih dilanda ujian.

🏙Sebelum Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam datang, kota ini telah dihuni oleh orang-orang Yahudi dari Syam dan orang-orang Arab dari Yaman. Kabilah Yahudi yang terbesar disana adalah bani Qainuka,bani Nadhir dan bani Quraizah.

🌆Yahudi bani Qainuka tinggal di dalam kota, sementara itu bani Nadhir dan bani Quraizhah tinggal di luar kota. Mereka tinggal di perkampungan yang dikelilingi benteng-benteng kokoh.

🏞Orang-orang Yahudi menguasai sebagian besar perkebunan kurma dan kerajinan terutama kerajinan emas. Ketika Islam berjaya di Madinah orang-orang Yahudi gelisah. Mereka bersekutu dengan orang Arab dari suku Aus dan suku Khazraj yang berpura-pura masuk Islam. Orang yang berpura-pura masuk Islam disebut golongan munafik. Orang-orang itu sering berkumpul dan saling bercerita. Mereka mengada-adakan berita buruk tentang Islam dan kaum Muslim.

----

📗"Jangan percaya kepada Muhammad dan pengikutnya! Mereka hanya ingin menguasai kota ini!" ujar seorang Yahudi menghasut temannya.
📙"Ya betul, mereka datang ke sini hanya ingin menjadikan kita budak!" ujar yang lain.

📘Diantara tokoh Yahudi yang memusuhi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam adalah ayah Shafiyyah yang bernama Huyay  bin Akhathab.  Shafiyyah adalah istri Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam.

📒Zaid bin Lashaid, Abdullah bin Shuri Al A'war dan Rafi bin Haritsah juga memusuhi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

📕Kinanah bin Shuriya juga memusuhi Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Labid bin A'sham bahkan pernah menyihir Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Mereka semua terus menerus mengembuskan permusuhan serta mengadu domba. Orang-orang Yahudi membenci Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam karena bukan berasal dari golongan mereka.

📓Golongan munafik yang bersekutu dengan orang-orang Yahudi itu adalah Julas bin Suwaid. Dia adalah saudara Al Haris bin Sumaid. Ada juga Nabtal bin Al Harits, Abu Habibah bin Al Azhar, Tsa'labah bin Hatib, Muattib bin Qusyair, dan yang lainnya.

👑Pemimpin golongan munafik itu adalah Abdullah bin Ubay bin Salul. Hampir saja dia diangkat menjadi raja suku Aus dan Khazraj, untung saja Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera datang. Maka dari itulah Abdullah bin Ubay menganggap Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam telah merampas peluangnya menjadi raja.

🕌Orang-orang munafik menembarkan permusuhan kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Mereka juga melakukan kerusakan dan berusaha melemahkan Islam dari dalam.  Sebagian orang munafik ini bahkan pernah membangun masjid dengan tujuan memecah belah persatuan umat Islam. Masjid itu dinamakan *masjid dhirar*. Kemudian Allah Subhanahu Ta'ala memerintahkan untuk menghancurkannya.

📔Di antara mereka ada yang berani menghina Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Suatu hari di Perang Azhab, Muattib bin Qusyair berkata, "Muhammad telah berjanji kepada kita akan memiliki simpanan-simpanan Kisra dan kaisar. Sementara untuk buang air saja kita tidak merasa aman."

🏹Kehidupan orang-orang munafik ini tidak pernah tenang. Semakin Jaya Islam semakin sempit dada mereka. Mereka selalu berusaha mencari kesempatan untuk melemahkan Islam. Apa saja yang mereka lakukan untuk melemahkan Islam?

----

🌠Melihat perkembangan Islam yang besar, marahlah kaum musyrikin Mekah. Mereka mencari berbagai cara untuk mengganggu.

✉️ Suatu hari, musyrikin Mekah mengirimkan surat kepada Abdullah bin Ubay.
"Sesungguhnya kalian telah melindungi musuh kami. Kami bersumpah kepada Allah, kalian harus memerangi atau mengusirnya. Jika tidak, kami semua akan datang kepada kalian untuk memerangi kalian."

✉️ Mendapatkan surat itu, bangkitlah Abdullah bin Ubay untuk menggalang kekuatan. Hatinya dipenuhi rasa dendam dan dengki kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia dan teman-temannya sepakat untuk memerangi kaum muslim.

📜Berita itu sampai kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Beliau menemui mereka dan menyampaikan pendapatnya. Peperangan berhasil dicegah, namun di dalam hati Abdullah bin Ubay, api dendam masih berkobar, apalagi kaum Yahudi semakin mendukungnya.

----
🕋Suatu ketika, Sa'ad bin Muadz pergi Ke Mekah untuk melaksanakan umroh. Dia minta ditemani oleh Umayyah bin Khalaf untuk melaksanakan tawaf. Saat itulah dia bertemu dengan Abu Jahal. Abu Jahal melontarkan ancaman kepada Sa'ad. Namun Sa'ad tidak gentar.

📕Sa'ad berkata geram, "Demi Allah, seandainya kamu menghalangi aku melakukan ini, pasti aku akan menghalangimu melakukan yang lebih besar dari ini yaitu jalan yang kamu lalui di Madinah."

✉️Abu Jahal marah. Lalu, kaum musyrik mengirimkan surat yang ditujukan kepada kaum muslim.
"Janganlah kalian merasa bahwa kalian telah lolos dari kami menuju Yatsrib. Kami akan dapat mendatangi kalian. Kami akan menyerang kalian di tengah-tengah negeri kalian."

🏹Ancaman itu bukan gertakan kosong. Musyrikin Quraisy benar-benar melakukan teror. Pernah satu malam sebuah anak panah melesat kencang. Nyaris saja panah itu mengenai para sahabat.

🌌Malam hari rumah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dijaga ketat oleh para sahabat. Lalu Allah Subhanahu Ta'Ala menurunkan firman-Nya:
".....Allah memelihara engkau dari gangguan manusia." (QS Al-Maidah : 67)

👑Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam tidak perlu pengawalan. Allah Subhanahu Wa Ta'ala menjamin keamanan beliau.

----

🗡Para sahabat tidur malam dengan senjata tergenggam di tangan. Secara bergantian mereka berjaga dan berkeliling. Siang hari, mereka tetap menyandang senjata.

📝Suasana mencekam itu, tentu saja tidak boleh didiamkan. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam segera melakukan beberapa langkah. Beliau mengadakan perjanjian dengan kabilah-kabilah di sekitar Madinah dan sepanjang perjalanan dagang Penduduk Madinah.

🤺Selain itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam memerintahkan para sahabat melakukan beberapa perjalanan. Ia memerintahkan para sahabat untuk memeriksa jalur-jalur yang mengelilingi Madinah serta jalan-jalan menuju Mekah. Pasukan militer dibentuk. Patroli dijalankan ke sekeliling Madinah.Hal ini memberikan kesan bahwa kaum muslim telah kuat.

🏹Teror ini terus berlangsung sampai kedua kekuatan berhadapan dalam perang. Namun sebelum perang, terjadilah sebuah peristiwa besar. Peristiwa apakah itu?

Kita lanjutkan besok ya kisahnya..... In syaa Allah

✍️ Editor : Ustadzah Ratna

🍄 MATERI 080 🍄

🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿🌿