Mengapa Perlu Merencanakan Biaya Pendidikan?



Sudahkah Anda menyiapkan dana pendidikan buat buah hati yang Anda cintai…?
Kita sebagai Orang Tua sering bertanya kepada Anak-anak kita , Besok kalau sudah gede mau jadi apa ?  Pingin sekolah dimana..? atau Kuliah di dimana..? Tapi kita sering lupa bertanya pada diri sendiri apakah kita sudah mempersiapkan biaya, untuk membiayai pendidikan anak-anak kita kelak, sehingga pilihan atau cita-cita anak kita bisa terwujud untuk bisa sekolah ditempat yang mereka inginkan tanpa terkendala masalah biaya.

Mempersiapkan pendidikan anak-anak adalah kewajiban. Dalam ayat Al Qur’an Allah memperingatkan kita agar tidak meninggalkan suatu generasi dalam kondisi lemah. Lemah disini dapat dimaksudkan sebagai generasi yang tidak dapat bersaing karena kurang berpendidikan maupun secara ekonomi tidak mandiri bahkan miskin. Allah berfirman : “Dan janganlah kamu membunuh anak - anak kamu karena kemiskinan. Kami akan memberi rejeki kepada kamu dan kepada mereka”. Q.S Al - An’am (6) : 151
Meski demikian, kita harus terhindar dari persepsi keliru bahwa pendidikan hanya dimaksudkan sebagai investasi dan hanya cenderung mengejar gelar kesarjanaan. Pendidikan haruslah sebagai proses belajar yang mampu menumbuhkan potensi unik yang ada dalam diri setiap anak agar dapat menjadi dirinya sendiri dan senang menjalani kehidupan ini.

Pendidikan perlu biaya, dan membutuhkan waktu panjang. Itulah sebabnya perlu merencanakan biaya pendidikan karena :

1. Semakin tingginya biaya pendidikan di masa depan.
Biaya pendidikan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan seiring dengan inflasi. Rata-rata inflasi yang terjadi setiap tahun adalah 10 persen. Bahkan ketika krisis ekonomi tahun 1998 - 1999 inflasi mencapai lebih dari 25 persen.
2. Ketidakpastian penghasilan di masa depan.
Tidak ada seorang pun mampu memprediksi masa depannya, karena rejeki, umur dan jodoh adalah urusan Allah. Bila saat ini kita diberikan rejeki berlimpah, maka pada tahun - tahun mendatang belum tentu. Menghadapi ketidakpastian itulah perlu persiapan. Ibaratnya sedia payung sebelum hujan.
3. Ketidakpastian phisik dan umur. Hari ini sehat, besok belum tentu masih sehat.
Bisa jadi sakit, cacat tetap atau bahkan meninggal dunia.
4. Untuk mengetahui jumlah angsuran yang harus disiapkan setiap bulan, agar pada
saat dibutuhkan dapat mencukupi biaya pendidikan anak.
Banyak orang melakukan angsuran biaya pendidikan, namun kesalahan mereka adalah tidak tahu berapa seharusnya uang yang ditabung. Ada yang menabung asal menabung saja!Atau ambil asuransi saja, tetapi berapa nilainya tidak tahu!

Mempersiapkan dana dengan beberapa alternatif
:
• Menabung sendiri melalui instrumen tabungan, deposito, saham, properti, emas, mata uang asing, reksadana syariah dan lainnya
.
• Membeli Asuransi Pendidikan. Kelebihan cara ini, kita akan ‘dipaksa’ membayar premi setiap bulan, 3 bulanan atau tahunan.

Penentuan pilihan tersebut sangat tergantung dari setiap individu, penghasilan dan uang yang dimiliki saat ini.
diambil dari buku : “Keberkahan Finansial” Cara Mudah Mengelola Keuangan dan Melipatgandakan Kekayaan dg Kecerdasan Spiritual karya Safak Muhammad

Banyak diantara kita, mempersiapkannya di Bank dengan besar tabungan ala kadarnya, tanpa memperhatikan tujuan ataupun besar biaya yang akan kita keluarkan kelak. Apalagi dalam perjalanan menabung tersebut Anda ataupun anak-anak anda kurang beruntung. Misal sakit, mau gak mau Anda harus mengeluarkan biaya extra untuk perawatan. Seringkali dana tabungan untuk pendidikan harus diambil. Apalagi jika terjadi sesuatu yang FATAL pada orang tua (bisa ayah atau ibu) sebagai pencari nafkah, misalnya sakit kritis, cacat tetap atau bahkan meninggal. Tabungan yang semula untuk tujuan pendidikan harus dikorbankan, dan selanjutnya bisa dipastikan tidak ada lagi tabungan. Akhirnya pendidikan yang diidam-idamkan hanya tinggal dalam sebuah mimpi.

Tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi pada diri Anda dan keluarga bukan..?

“Ambil tindakan sekarang juga, untuk mewujudkan masa depan anak-anak Anda"

Di Takaful ada FULNADI yaitu Asuransi pendidikan plus asuransi Jiwa yang akan membantu perencanaan keuangan putera-puteri kita, juga ada "Takafulink Salam" investasi syariah bisa untuk rencana pendidikan, pensiun, kesehatan, dll.
Jika Anda ingin mendapatkan Informasi lebih jelas untuk mempersiapkan Biaya Pendidikan Putra Putri Anda tercinta silakan Hubungi rusni di 0838 112 57622 / 021 4062 5226 / 0813 1525 6839
atau email ke rusni_takaful@yahoo.com