Persiapan Dana Pendidikan Syariah

Coba perhatikan betapa bersemangatnya anak-anak kita ketika mereka hendak masuk sekolah. Wajar saja, kalau kita sebagai orang tua menunjukkan semangat tentang pentingnya pendidikan, ditambah lagi lingkungan di sekitar kita juga menunjukkan semangat yang sama, maka pastilah semangat tersebut juga akan tertular ke anak kita sehingga wajar bila anak-anak sekolah sangat bersemangat masuk sekolah pada hari-hari pertama tahun ajaran baru.

Saya banyak menemukan orang tua yang ­ walaupun sadar bahwa pendidikan itu sangat penting ­ tetapi tidak begitu mempedulikan persiapan dana pendidikan itu sendiri. Sebagai contoh, banyak cerita tentang beberapa orang tua yang meminjam uang pada saat datangnya tahun ajaran baru. Selain itu, Kantor Pegadaian juga penuh karena banyak orang yang menggadaikan barang-barangnya untuk membayar uang sekolah anak.

Ada empat alasan dana pendidikan penting untuk dipersiapkan, bahkan kalau bisa sejak sekarang:

Mahalnya Biaya Pendidikan Pada Saat Ini

Biaya Pendidikan pada saat ini sudah cukup tinggi. Sebuah universitas swasta terkenal di Jakarta ada yang meminta uang kuliah sebesar sekitar Rp 200 - 250 juta bagi mereka yang masuk kuliah tahun 2009 ini selama 5 tahun sampai lulus nanti.
Naiknya Biaya Pendidikan dari Tahun ke Tahun

Sudah biaya pendidikan di rasa mahal, jumlah tersebut biasanya akan terus naik dari tahun ke tahun. Dengan asumsi kenaikan sebesar 10 persen per tahun, maka dalam 17 tahun mendatang, bukan tidak mungkin Biaya Kuliah selama 5 tahun di S1 bisa mencapai sekitar Rp 500 juta.

Ekonomi Tidak Selalu Baik

Orang tua bisa saja menganggap bahwa penghasilannya sekarang aman-aman saja mengingat baiknya keadaan ekonomi sekarang ini. Sehingga mereka yakin bila si anak masuk sekolah nanti dananya pasti tersedia. Tetapi, bila keadaan ekonomi menurun, bukan tidak mungkin penghasilan orang tua menjadi berkurang atau malah berhenti sehingga bisa saja dana pendidikan untuk si anak tidak akan siap bila dibutuhkan.

Fisik Manusia Tidak Selalu Sehat

Jangan anggap bahwa fisik manusia akan selalu sehat untuk bisa terus bekerja dan mendapatkan penghasilan. Bila kita tidak menabung dan mempersiapkan dana pendidikan anak dari sekarang, maka bila suatu saat kelak fisik kita tidak memungkinkan untuk kita bisa terus bekerja, jangan harap dana pendidikan untuk anak kita bisa tersedia.
Selain keempat alasan di atas, sebetulnya ada satu alasan lagi yang membuat kenapa dana pendidikan penting sekali untuk dipersiapkan sejak sekarang, yaitu: “Karena jadwal pendidikan anak kita tidak mungkin dimundurkan atau ditunda.” Jadwalnya sudah pasti. Contohnya, kalau anak kita sudah waktunya masuk SD tetapi kitaa tidak punya dana yang cukup untuk membayar uang pangkal-nya,

Jadi, persiapkan dana pendidikan anak kita sejak sekarang. Jangan tunda lagi. Tentang bagaimana cara menghitung dana pendidikan. Di Takaful ada FULNADI yaitu Asuransi pendidikan plus asuransi Jiwa yang akan membantu perencanaan keuangan putera-puteri kita, juga ada "Takafulink Salam" investasi syariah bisa untuk rencana pendidikan, pensiun, kesehatan, dll.